Profil Program Studi

Sosiologi Agama merupakan salah satu dari 5 program studi (strata 1) di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program studi ini berdiri pada 20 Maret 2001 berdasarkan SK No. 71.A dari Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Pada tahun 2014, Sosiologi Agama memperoleh akreditasi B dari BAN PT berdasarkan Surat Keputusan nomor 441/SK/BAN-PT/Akred/XI/2014.

Keberadaan Program Studi Sosiologi Agama di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi pelengkap dari kajian agama. Sosiologi Agama menjadi salah satu prodi yang melihat realitas keagamaan dalam perspektif Sosiologis. Artinya hendak melihat bagaimana agama turut menjadi bagian integral dan mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat.

Sebagai Program Studi yang cukup muda, Sosiologi Agama dipercaya menjadi pilihan favorit di kalangan calon mahasiswa. Hal itu dilihat dari rasio pendaftar dan jumlah mahasiswa yang di terima dari tahun ke tahun. Predikat favorit tidak lain karena didukung oleh tenaga pengajar yang mayoritas telah bergelar doktor serta profil lulusan yang mampu menunjukkan eksistensi pada kancah regional, nasional, maupun internasional.