CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Tabel. Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan


 

 

   

Capaian Pembelajaran Lulusan

   

 

Capaian Pembelajaran Untuk lulusan Akademisi Bidang Sosiologi Agama

 

 

CP1

 

 

CP2

 

 

 

CP3

 

 

CP4

 

 

CP5

 

 

CP6

Mampu menerapkan konsep teoritis dalam bidang Sosiologi Agama untuk memahami fenomena sosial-keagamaan dalam masyarakat secara kritis dan analitis. (C3) Penjelasan Lulusan diharapkan dapat menguasai teori-teori kunci dalam Sosiologi Agama dan menerapkannya dalam analisis fenomena keagamaan kontemporer secara mendalam.

Mampu mengoperasikan metode penelitian sosial-keagamaan berbasis teknologi terkini untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data secara efektif dan efisien. (C3) Penjelasan Lulusan memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi informasi, perangkat lunak analisis data, dan platform digital untuk penelitian di bidang sosial-keagamaan, termasuk pemanfaatan big data dan metode digital ethnography.

Mampu mengintegrasikan keilmuan Sosiologi Agama dengan berbagai bidang kajian lainnya untuk menghasilkan pemahaman yang komprehensif terhadap isu-isu keagamaan. (A4, C3) Penjelasan Lulusan dapat bekerja lintas disiplin untuk memecahkan masalah sosial-keagamaan, menghubungkan Sosiologi Agama dengan perspektif ilmu sosial lain seperti Antropologi, Politik, dan Psikologi.

Mampu mengembangkan penelitian serta menghasilkan karya ilmiah atau tulisan populer yang berkontribusi pada kemajuan ilmu Sosiologi Agama dan penerapannya dalam masyarakat. (P4, C5) Penjelasan Lulusan dapat mengembangkan proyek penelitian yang inovatif, menyusun artikel ilmiah, dan mempublikasikannya di jurnal akademik, serta berbagi pengetahuan melalui tulisan populer yang relevan bagi masyarakat luas.

Menunjukkan perilaku mandiri, profesional, dan etis, serta mengamalkan nilai-nilai kejujuran dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam profesi akademis. Penjelasan Lulusan diharapkan berperilaku sesuai dengan etika profesi dan moralitas yang tinggi dalam praktik akademis dan sosial, menjaga kejujuran intelektual, serta menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Menguasai kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan mandiri yang mendukung pengembangan diri secara berkelanjutan sebagai pembelajar sepanjang hayat. Penjelasan Lulusan dapat berpikir secara reflektif, selalu terbuka untuk belajar hal baru, dan proaktif dalam mengembangkan diri, baik dalam konteks akademis maupun dalam menghadapi tantangan perubahan sosial.

   

 

Capaian Pembelajaran Untuk Lulusan Analis Bidang Sosiologi Agama

 

 

CP7

 

 

CP8

 

 

CP9

 

 

CP10

 

 

CP11

Mampu menganalisis secara kritis berbagai fenomena sosial-keagamaan dalam masyarakat dengan menggunakan pendekatan dan teori sosiologi agama. (C4, C5)
Penjelasan Lulusan diharapkan dapat menerapkan pemahaman teoritis untuk mengidentifikasi pola-pola sosial dan memahami dinamika hubungan agama dengan masyarakat.

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi realitas sosial-keagamaan yang multikultural dan kontemporer untuk menghasilkan analisis yang inklusif dan relevan. (C4, C5)
Penjelasan Lulusan dapat mengenali keragaman budaya dan agama, mengevaluasi pengaruhnya terhadap masyarakat, serta menginterpretasi data secara objektif dan komprehensif.

Mampu menyusun dan mengembangkan laporan analisis sosial-keagamaan yang sistematis, berbasis data, dan berorientasi solusi. (A4, P4)
Penjelasan Lulusan memiliki keterampilan menyusun laporan analisis yang didukung dengan data empiris, menggunakan format yang memenuhi standar akademik atau profesional, serta memuat rekomendasi praktis.

Mampu merekomendasikan solusi berdasarkan hasil analisis sosial-keagamaan yang kontekstual dan dapat diterapkan untuk pengambilan kebijakan atau intervensi sosial. (C5, A5)
Penjelasan Lulusan mampu memberikan rekomendasi yang responsif terhadap isu-isu sosial-keagamaan serta relevan dengan kebutuhan masyarakat atau lembaga terkait.

Mampu mengintegrasikan keilmuan Sosiologi Agama dengan berbagai bidang kajian lainnya secara interdisipliner untuk menghasilkan pemahaman yang lebih holistik terhadap isu-isu sosial-keagamaan. (A4, C3) Penjelasan Lulusan dapat menghubungkan perspektif Sosiologi Agama dengan ilmu sosial lain seperti Antropologi, Psikologi, dan Ekonomi untuk menyusun analisis yang kaya dan multidimensional.

   

 

Capaian Pembelajaran Untuk Lulusan Social Worker dalam Pemberdayaan Masyarakat Beragama

 

 

CP12

 

 

 

CP13

 

 

CP14

 

 

CP15

Mampu menelaah dan menerapkan pengetahuan serta pemahaman Sosiologi Agama dalam merancang program sosial-keagamaan yang efektif dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. (C3, A2, P4)
Penjelasan Lulusan diharapkan mampu menganalisis kebutuhan masyarakat dan menggunakan wawasan sosiologis untuk menyusun program-program yang relevan, inovatif, dan sensitif terhadap konteks sosial-keagamaan.

Mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga keagamaan, pemerintah, dan komunitas, dalam mengelola problem sosial-keagamaan secara partisipatif. (A2, A4, P5)
Penjelasan Lulusan memiliki keterampilan membangun jejaring yang kuat, berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, serta memfasilitasi kerjasama yang konstruktif dan inklusif.

Mampu melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan sosial-keagamaan yang berfokus pada penguatan kapasitas individu dan komunitas. (A5, P4)
Lulusan dapat melakukan pendampingan yang mendalam, empatik, dan berbasis pada kebutuhan, serta memberikan pelayanan yang mendukung pemberdayaan dan pengembangan kapasitas masyarakat.

Mampu mengintegrasikan teori dengan praktik secara efektif dalam mengelola dan mengimplementasikan program-program pemberdayaan masyarakat beragama. (A4, P4, C4)
Penjelasan Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan teori sosiologi agama dalam praktik pemberdayaan, mengembangkan solusi yang sesuai dengan konteks lapangan, serta menilai efektivitas program secara berkelanjutan.